Cara Upload Musik ke Spotify Gratis

Cara Upload Musik Ke Spotify Gratis
– Industri musik memang memikat banyak orang. Bukan hanya tangga nada tersebut memiliki aura menghibur, melainkan juga karena adanya potensi menjadi tenar.

Ya, musik memang dapat mewakili isi hati. Namun, tidak hanya itu saja. Salah satu cabang seni ini memang sudah menjadi komoditas yang sangat potensial. bahkan, label-label besar sempat menguasai industri ini.

Bukan Saatnya Bergantung Pada Label Mayor Lagi

Sebelum membahas mengenai cara upload musik ke Spotify, tak ada salahnya melirik sedikit tentang perkembangan dunia seni ini. Industri musik dahulunya memang bergantung pada label-label mayor.

Setiap artis, baik itu pendatang baru ataupun yang sudah kawakan, berlomba untuk mendapatkan posisi aman pada label tersebut. Bahkan label tersebut seolah menjadi pihak pengatur arah pertumbuhan dunia musik.

Pada perkembangannya, muncullah musik indie. Mereka memproduksi lagu-lagu secara mandiri, tanpa tergantung kepada label produser musik mayor. Hal ini berkembang hingga sekarang. Makanya, banyak orang yang mencari tahu cara upload musik ke Spotify.

Kesulitan menembus label mayor memang menjadi kendala yang mendorong orang untuk memproduksi musik secara indie. Selain itu, produksi mandiri ini membuat idealisme bermusik tetap terjaga tanpa harus tunduk pada apa maunya pasar yang dikemudikan label besar.

Platform Musik Bermunculan

Kemudian, banyak platform musik bermunculan, salah satunya adalah Spotify. Penggunanya bisa menikmati beragam genre musik para penyanyi dari seluruh penjuru dunia. Spotify juga mengakomodir keberadaan pemusik Indie. Asalkan tahu cara upload musik ke Spotify.

Lagu-lagu yang mereka upload akan dapat diakses oleh para pendengar di mana pun. Pada kenyataannya, tidak hanya ketenaran saja, melainkan juga kesempatan meraih penghasilan dan berkarir di dunia musik.

Ciptakan, Bagikan, Hasilkan

Dengan adanya platform semacam Spotify, dunia musik justru jadi lebih kaya. Tidak hanya jenis musik yang diatur label mayor saja, melainkan juga besutan para artis indie. Agar dapat terjun ke dunia ini juga, berikut adalah cara upload musik ke Spotify.

Lakukan Akses ke Amuse.io Untuk Membuat Akun
Perusahaan musik yang berdiri sejak tahun 2015 ini, pada akhirnya merilis aplikasi melalui Appstore dan Playstore, bulan Maret tahun 2017. Jadi, untuk dapat menggunakan layanannya, bisa dengan mengakses melalui browser atau mengunduh aplikasinya.

Ada tiga pilihan bagi Anda, yaitu menggunakan akun gratis, Boost, dan Pro. Bagi pemula, akun gratis sudah cukup memadai. Namun, ada banyak keuntungan memilih akun boost dan Pro. Dengan akun tersebut, cara upload musik ke Spotify jadi lebih mudah.

Ini langkah-langkah membuat akun di Amuse.io:

  1. Kunjungi website amuse.io
  2. Tekan tombol “login” di bagian kanan atas pada layar
  3. Sebuah pop screen akan muncul untuk melakukan log masuk ke akun
  4. Karena belum memiliki akun, klik “New to Amuse? Sign up”
  5. Masukkan data yang diminta, seperti alamat email dan nomor ponsel
  6. Buat password yang kuat untuk lebih menjaga keamanan
  7. Terakhir, klik “Sign Up” dan Anda pun memiliki akun di Amuse

Membuat Lagu
Setelah akun tersedia, pengguna dapat mulai mempersiapkan lagu yang akan rilis di Amuse. Ciptakan musik yang unik dan original agar lebih memberi kesan pada para pendengar. Tak perlu ikut arus tren, sebab ciri khas unik sudah menjadi modal penting untuk mencuri perhatian.

Cara Upload Musik Ke Spotify dengan Gratis

Sudah ada materi lagu untuk rilis? Mari lanjutkan cara upload musik ke Spotify melalui Amuse ini. Silakan simak tahapannya.
  1. Buka dashboard akun Anda, kemudian pilih new release
  2. Lengkapi identitas lagu sesuai kolom yang tersedia. Pada upload single, maka nama rilis akan menyesuaikan judul lagu
  3. Tuliskan nama label. Namun, ini opsional. Bagi pengguna yang 100% indie, dapat membiarkannya kosong, dan nanti akan terisi otomatis dengan nama artis pada akun Amuse
  4. Unggah materi musik dengan memperhatikan kesesuaian format dari ketentuan pihak Amuse. Pastikan bahwa file lagu sudah ada di dropbox, google drive, atau iCloud
  5. Pilih daftar lagu yang akan Anda unggah. Kategorinya adalah 1-3 track untuk single. Apabila mengunggah 4-6 track, masuk pada kategori EP. Adapun lebih dari 7 lagu termasuk kategori album
  6. Beri penjelasan tentang versi lagu tersebut, yaitu instrumental, remix, atau live
  7. Tambahkan asal lagu: apakah rekaman asli, remix, atau cover. Ini bertujuan untuk melindungi dari potensi pelanggaran hak cipta
  8. Masukkan tahun rekaman. Jika mengosonginya, sistem akan menambahkan secara otomatis sesuai tahun rilis.
  9. Pilih genre musik yang sesuai dengan lagu tersebut
  10. Tetapkan artis unggulan, jika ada. Dalam satu rilis, jumlah artis unggulan adalag tiga
  11. Beri kredit pada penulis lagu, kontributor musik, mixer, dan produser
  12. Klik simpan
  13. Lanjutkan dengan memilih toko yang Anda inginkan sebagai saluran distribusi lagu
  14. Pilih negara tempat rilis lagu
  15. Selanjutnya, periksa kembali semua informasi perilisan. Apabila sudah sesuai, tambahkan tanggal rilis. Namun, tanggal ini belum tentu dapat terpenuhi dan harus sesuai dengan jangka waktu rilis jenis akun tersebut
  16. Klik “kirim rilis”
  17. Selanjutnya tinggal menunggu musik tersebut mendapatkan approval
Ya, semudah itulah mengunggah sebuah karya musik ke Amuse. Selanjutnya, ketika karya tersebut mendapatkan persetujuan, tinggal menunggu publish ke Spotify. Pengguna akan mendapatkan informasi lebih lanjut ketika sudah berhasil publish.

Merambah ke Platform lain

Amuse tidak hanya akan publish lagu ke Spotify saja. cara upload musik ke Spotify ini juga berlaku untuk platform musik lainnya. Karya para artis Amuse ini pada akhirnya memiliki potensi untuk menjadi terkenal di berbagai kanal.

Apple music, Youtube, TikTok, Tidal, Deezer, Instagram dan masih banyak lagi, merupakan beragam kanal tempat musik Anda akan didistribusikan oleh Amuse. Itu karena pihak Amuse memiliki komitmen agar hasil karya para artisnya tidak sia-sia.

Pada akhirnya cara upload musik ke Spotify tersebut akan mendatangkan penghasilan berbentuk royalti. Tidak perlu khawatir, sebab hak musik tersebut masih menjadi milik penciptanya 100%. Pengguna hanya perlu membuat karya, membagikan, dan menerima hasilnya.

Tingkatan Start, Boost, dan Pro

Amuse menawarkan tiga tingkatan akun bagi para artisnya, yaitu Start, Boost, dan Pro. Apaperbedaan di antara ketiganya? Ini penjelasannya.

Akun Start
Start adalah tingkatan pemula yang memungkinkan para artis Amuse memulai secara gratis. Namun, gratis bukan berarti dengan layanan seadanya. Cara upload musik ke Spotify tetap full support. Pengguna akan mendapatkan dukungan pelanggan secara penuh selama lima hari kerja.

Waktu perilisan lagu adalah 28 hari. Pemilik akun gratis ini memiliki jatah rilis sebanyak 12 karya per tahun. Sudah cukup memadai untuk pemula yang produktif.

Cara upload musik ke Spotify melalui Amuse membuat pegiat musik indie pun bisa segera menghasilkan uang dari karyanya. Ada 100% royalti yang bisa diraih dengan split fee 15%.

Akun Boost
Ini adalah akun lanjutan dengan rentang waktu rilis 14 hari. Jelas lebih cepat jika membandingkannya dengan akun Start. Tidak ada batasan rilis untuk akun Boost ini. Pengguna bisa leluasa berkarya dan membagikan musiknya.

Terdapat layanan prime streaming pada cara upload musik ke Spotify melalui akun Boost Amuse ini. Selain itu, pemilik akun tidak perlu membayar biaya royalti split. Toko musik digital tempat peredaran musik juga bertambah, sehingga potensinya lebih tinggi.

Akun Pro 
Selanjutnya adalah akun untuk para pemusik profesional dengan paket fitur lengkap. Lagu akan rilis dalam waktu 10 hari dan tanpa batasan jumlah rilis. Royalti 100% tanpa biaya split. Pemilik akun bisa membuat penjadwalan tanggal rilis lagunya.

Ada banyak penawaran lain yang menarik dalam cara upload musik ke Spotify bagi pengguna akun Pro ini. Di antaranya adalah adanya fitur menajemen tim. Pengguna juga memiliki kesempatan menggunakan nama label khusus. 

Waktu perilisan dan kuota rilis tanpa batas sudah cukup membuat kesempatan berkarya lebih luas. Masih ada tambahan lagi, yaitu jumlah toko tempat peredaran lagu yang lebih banyak. Tentu membuat potensi lagu cepat terkenal semakin tinggi.

Pada akun Boost, Pengguna akan dikenai biaya ID konten youtube sebesar 15%. Namun, pada akun Pro ini, biaya tersebut tidak ada. Jelas ini merupakan cara upload musik ke Spotify secara gratis dan memiliki peluang penghasilan lebih tinggi.

Jadi, harus pilih yang mana? Bagi pemula yang baru mulai terjun dalam dunia musik, pilihan akun Start jelas lebih menggoda. Dengan pemilihan konten lagu yang tepat, akun ini pun cukup untuk menjadi awal karir di bidang musik.

Adapun cara upload musik ke Spotify menggunakan akun Boost lebih cocok bagi pengguna yang ingin memiliki saluran distribusi lebih luas di berbagai toko musik digital. Beberapa pengguna lebih memilih akun ini karena memiliki keunggulan dibanding Start.

Bagi artis dan label independen, pilihan menggunakan akun Pro memang lebih tepat. Dukungan penuh dan beragam fiturnya membuat lagu benar-benar siap masuk ke dalam industri musik yang penuh persaingan.

Dapat disimpulkan bahwa cara upload musik ke Spotify melalui Amuse ini membuat segala upaya menciptakan karya yang bagus jadi tidak sia-sia. Saluran distribusi dan fiturnya memudahkan pengguna untuk menembus pasar musik dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel