Cara Memperpanjang SIM Secara Online

Cara Memperpanjang SIM Secara Online – Belakangan ini ada kebijakan baru yang mempermudah pengguna mobil dan juga motor. Polri telah meluncurkan aplikasi SIM online bernama SINAR atau SIM Nasional Presisi.

Anda dapat membuat SIM baru dan memperbarui kartu SIM secara online melalui aplikasi ini. Sekarang, tidak ada lagi buang-buang waktu dan antrian panjang. Hanya dengan satu aplikasi, Cara Memperpanjang SIM Secara Online jauh lebih mudah.

Mungkin Anda perlu untuk memiliki aplikasi dan ikuti prosedurnya, lalu tunggu kartu SIM tiba di rumah melalui pos. Namun, Anda juga bisa mendatangi SATPAS atau satuan Penyelenggara Administrasi SIM terdekat untuk menjemput langsung.

Tidak hanya pembuatan atau perpanjangan SIM card A&C saja yang bisa di daftarkan secara online, tetapi juga ada layanan Booking Online. Dengan booking online, Anda tidak perlu mengantri dan menunggu lama di tempat.

Kembali ke topik, berikut beberapa penjelasan tentang apa itu aplikasi SINAR, dan Cara Memperpanjang SIM Secara Online. penasaran? Yuk simak artikel berikut ini!

Cara Memperpanjang SIM Secara Online

Jika Anda ingin memperpanjang SIM secara online, Anda hanya perlu menggunakan aplikasi SINAR.

SINAR adalah singkatan dari Precision National SIM, aplikasi ini di operasikan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia. Dengan SINAR, semua pengemudi dapat meminta kartu SIM dengan cepat dan mudah.

Mulai dari pembuatan SIM baru, hingga perpanjangan masa berlaku SIM (baik A maupun C). Sehingga temen-temen tidak perlu lagi khawatir menunggu antrian panjang atau tidak menerima file log, dll.

Dengan menggunakan aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi), Anda akan merasakan betapa mudahnya mengajukan SIM secara online tanpa harus datang ke lokasi.

Cara memperpanjang kartu SIM online

Tidak perlu pengenalan lebih lanjut, di sini kami tunjukkan cara memperpanjang kartu SIM Anda secara online yang mudah di lakukan di aplikasi SINAR. Yuk ikuti langkah-langkahnya, seperti:

  • Silakan unduh aplikasi digital POLRI Kollantas atau unduh dari Google Play Store khusus untuk sistem operasi Android.
  • Kemudian masukan nomer telepan dan alamat email temen-temen untuk verifikasi identitas. Yang kemudian temen-temen akan mendapatkan kode OTP.
  • Masukkan NIK dan nama lengkap sesuai ID yang akan di gunakan untuk verifikasi melalui fungsi pengenalan wajah.
  • Khusus untuk perpanjang SIM online, seperti ekstensi SIM A dan C, Anda bisa klik ikon “SINAR” lalu pilih “perpanjang SIM”.
  • Pilih kategori SIM yang ingin Anda perpanjang masa berlakunya.
  • Unggah foto KTP Anda, foto SIM Anda, tanda tangan, dan foto paspor Anda. Di lengkapi juga dengan tes psikologi dan hasilnya.
  • Permintaan pemeriksaan kesehatan dan psikologi dapat diajukan dalam aplikasi ini. Caranya adalah Anda sebagai pemohon melakukan pemeriksaan kesehatan melalui e-Rikkes dengan memilih daftar pendaftaran. Kemudian masukkan NIK dan selfie.
  • Kemudian anda akan menerima kode booking atau kode pesanan yang muncul saat Anda mengunjungi dokter. Rekomendasi dokter terkait aplikasi SINAR ini sejalan dengan rekomendasi Pusdokkes Polri.
  • Dokter yang bersangkutan akan mengupdate hasil pemeriksaan di aplikasi e-Rikkes. Jika Anda memenuhi persyaratan, hasil tes akan dikirim secara otomatis. Sedangkan jika tidak, perpanjangan SIM tidak dapat disetujui secara online. Ini juga berlaku untuk tes psikologi.
  • Jika perpanjangan SIM online berhasil, Anda harus memilih metode pengiriman yang akan diambil sesuai SATPAS yang ditentukan, melalui surat kuasa atau melalui layanan pengiriman online.
  • Setelah itu, lakukan pembayaran melalui virtual account BNI Anda.
  • Kartu SIM telah berhasil dicetak dan akan dikirim menggunakan metode pengiriman yang sudah temen-temen tentukan.
  • Harap konfirmasi setelah menerima kartu SIM.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel