Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog atau Website

Jaman sekarang punya penghasilan besar tidak melulu harus dari bekerja di kantor saja. Cara menghasilkan uang dari blog bisa jadi salah satu pilihan paling tepat. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dan sumber informasi yang ada, tidak sulit untuk mempelajarinya. 

Pengertian dari Blog yang Perlu Diketahui 

Sekarang ini internet tak hanya media untuk menampilkan potret gambar diri atau install aplikasi hiburan saja. Ada banyak manfaat bisa dirasakan, salah satunya adalah menghasilkan pundi-pundi uang dari sebuah blog atau halaman di internet. Apa itu blog dan bagaimana cara membuatnya ?

Definisi dari blog sendiri sebenarnya adalah website atau halaman yang kontennya berisi tulisan yang dihasilkan dari seorang atau banyak penulis. Sebuah blog juga memiliki urutan posting atau skema yang jelas dari konten paling baru ke jenis konten paling lama. 

Cara Mudah Membuat Sebuah Blog

Bagi seorang pemula pastinya merasa bingung bagaimana cara memulai pembuatan blog. Bagaimana cara mendaftarnya, mulai menulis dan masih banyak lagi langkah yang tidak diketahui. Jika tertarik ingin memulainya maka bisa simak penjelasan step by stepnya dibawah ini. 

  • Pastikan terlebih dahulu anda sudah login ke akun gmail anda
  • Kunjungi website blogger.com
  • Klik button "Create Your Blog"
  • Pilih dan klik akun gmail anda
  • Kemudian "Pilih Nama Untuk Blog Anda"
  • Lalu klik berikutnya 
  • Pilih URL/alamat blog anda sesuai keinginan
  • Klik opsi ‘Simpan’
  • Selamat, anda sudah punya blog baru

Cara Mendapatkan Google AdSense Melalui Blog 

Hanya menulis di blog tentu saja tidak bisa membuat Anda menghasilkan keuntungan. Nah, ada cara tersendiri agar sebuah blog anda bisa dijadikan sumber penghasilan seperti pada website Cekpedia ini, yakni dengan "Google AdSense".  Menampilkan konten berbayar milik orang lain atau biasa disebut dengan iklan. 

Cara Daftar Google AdSense :

  • Login ke akun Blogger anda
  • Pilih opsi blog pada kiri atas 
  • Pilih menu "Penghasilan" pada sebelah kiri
  • Kemudian klik "Buat akun Adsense"
  • Jika blog sudah terverifikasi tinggal lanjutkan caranya
  • Pilih pada email Google yang terkait 
  • Segera isi formulir Adsense 
  • Lalu klik buat akun
  • Masukkan pembayaran
  • Lakukan verifikasi nomor
  • Tinggal klik kirim
  • Selesaikan proses sesuai petunjuk 

Jika menu Penghasilan di blog anda belum muncul itu artinya blog anda belum memenuhi syarat untuk mendaftar di Google AdSense, teruslah menulis di blog anda hingga menu Penghasilan di blog anda Muncul. 

Manfaat Pembuatan Blog atau Website 

Pembuatan blog saat ini semakin marak dilakukan. Hal ini tentu sangat menyenangkan apalagi untuk mereka yang suka dengan menulis. Ada banyak manfaat bisa dirasakan ketika Anda membuat sebuah blog pribadi. Berikut adalah beberapa penjelasannya. 

Blog pribadi bisa dijadikan media untuk berbagi pengalaman menulis. Karena banyak orang berpendapat menulis sesuatu perasaan di media sosial misalnya Instagram atau Whatsapp adalah pamer mungkin blog pribadi bisa jadi jalan berbagai pengalaman tanpa ada yang nyinyir.

Selain itu Anda juga bisa melatih kemampuan menulis yang selama ini dimiliki. Ada banyak sekali kesempatan bisa dicoba jika ingin berkembang, salah satunya melalui sebuah website atau blog. Saran dari pembaca akan membuat kemampuan menulis membaik sepanjang waktu. 

Dari sebuah website nantinya Anda juga akan mendapatkan sebuah circle baru dalam bersosialisasi. Kesempatan satu ini tentu bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis pribadi atau milik orang lain dan menjadikannya adsense. Keuntungan yang didapat semakin banyak. 

Sebuah blog pribadi saat ini bukan hanya sebuah halaman menulis saja, Anda juga bisa menjadikannya sebagai ladang cuan. Siapa bilang dapat penghasilan banyak hanya di dapat dari bekerja di kantoran saja. Sekarang jaman sudah maju, teknologi dan akses internet bisa memberi peluang yang bagus.

Syarat Blog Menghasilkan Uang 

Sebuah blog memang dapat digunakan sebagai sumber pendapatan bagi sebagian orang. Tentu saja ada beberapa caranya yang perlu diperhatikan sehingga tidak sembarangan untuk mendapatkan penghasilan sebagai  blogger. Berikut beberapa diantaranya: 

1. Konten Artikel Berkualitas 

Syarat utama yang bisa membuat sebuah blog dapat menghasilkan uang adalah dengan mengunggah konten secara berkualitas. Tidak hanya terlihat menarik saja melainkan juga mampu membuatnya tampak memiliki kualitas apabila dibandingkan dengan karya blogger lainnya. 

Artikel berkualitas pun memiliki beberapa syarat seperti mudah dibaca dan dimengerti oleh siapapun. Konten di dalamnya mampu menjawab semua rasa penasaran dari seluruh pembaca. Selain itu juga ditulis menggunakan kaidah SEO sehingga memiliki rank pada mesin pencarian seperti Google. 

2. Memiliki Pengunjung Blog

Uang yang dihasilkan pada blog berasal dari kunjungan pengunjung ketika membacanya. Hal ini menjadi fakta sehingga tidak dapat dipungkiri. Artinya Anda perlu mencari pembaca sebanyak-banyaknya ketika ingin benar-benar menghasilkan pendapatan sebagai blogger tersebut. 

Jika nasib Anda benar-benar baik maka trafik yang ditunjukkan dari sebuah blog tersebut akan menjadi gaji bulanan setiap bulannya. Meskipun jumlah pengunjung bisa mencapai 5000 per hari namun apabila CTR masih rendah, maka belum tentu mampu memberikan penghasilan menjanjikan bagi blogger. 

3. Kualitas Blog 

Syarat berikutnya adalah memperhatikan bagaimana kualitas blog dari berbagai parameter. Misalnya melalui Domain Authority yakni skor semenara dari Moz untuk mengetahui peringkat situs web pada SERP’s. Sementara pada Page Authority berguna mengukur seberapa baik kualitas halaman web. 

Parameter berikutnya adalah melalui Domain Rating. DR ini merupakan matrik yang berasal dari Ahrefs dimana menunjukkan adanya kekuatan situs web misalnya profil backlink. Intinya memang hampir sama seperti DA lantaran fungsinya berguna untuk mengetahui peringkat dari domain. 

Kriteria Umum dari Blog Menghasilkan Uang

Ada beberapa cara dari sebuah blog bisa dikatakan mampu menghasilkan uang. Hal ini pun dapat Anda terapkan agar dapat mendapatkan penghasilan dengan berbagai postingan konten yang menarik seperti di bawah ini. Selain itu mencoba metode lain seperti mengikuti program afiliasi atau mengadakan event. 

1. Pemasangan Iklan Menarik

Salah satu kriteria umum dari blog yang mampu menghasilkan pendapatan adalah dengan memasang iklan suatu produk. Prinsipnya pun hampir sama seperti majalan dan koran dimana pihak pengiklan akan membayar atas jasa pengiklanan tersebut. Pendapatan semakin tinggi jika trafik blog cenderung naik.

Salah satu yang bisa dipilih adalah Google Adsense dimana sudah dipercaya cukup efektif mampu meningkatkan trafik blog Anda. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan jumlah pembaca dan pengunjung karena dinilai dapat memperluas ruang iklan sehingga penghasilan juga bertambah. 

2. Pendapatan dari Afiliasi 

Cara berikutnya adalah afiliasi yang memang sudah familiar dalam dunia blogging. Istilah ini berguna untuk mengarahkan pembaca agar menggunakan, membeli hingga melihat saja produk terkait. Jika Anda beruntung ketika seseorang berhasil melakukan sesuai arahan, maka akan mendapat keuntungan. 

Biasanya sudah disepakati besaran komisi yang sesuai antara kedua belah pihak. Bagi Anda jika memiliki pengunjung atau pembaca setia, maka kemungkinan tinggi mereka ikut rekomendasi dari petunjuk afiliasi tersebut. Dengan begitu, pendapatan blog pun semakin bertambah dan meningkat.

Kesimpulan

Cara menghasilkan uang melalui blog ini sudah kami terapkan dan menjadi salah satu sumber pendapatan dari Cekpedia. Untuk anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan bisa mencobanya.

Jika ada pertanyaan terkait Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog, anda bisa mengirimkan pesan melalui form Kontak yang ada diwebsite ini, terimakasih.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel