Cara Menghasilkan Uang Melalui Fanpage Facebook

Facebook, ternyata bisa memberikan uang bagi siapapun yang punya Fanpage dengan reputasi yang baik. Jika anda penasaran terkait cara menghasilkan uang melalui Fanpage Facebook, simak penjelasan pada halaman ini.

Facebook memiliki pengguna yang sangat banyak dibandingkan dengan media sosial lain. Banyak orang masih salah kaprah menggunakan Facebook untuk bisnisnya. Mereka menggunakan halaman penggemar, beberapa percaya cukup menggunakan akun profil biasa dan konten penjualan saja.

Lalu, apakah anda tahu apa itu Fanpage? Apa saja manfaatnya? Serta bagaimana cara memanfaatkan Fanpage Facebook untuk menghasilkan uang? Kami akan ulas lengkap di halaman ini.

Apa itu Fanpage Facebook?

Fanpage Facebook adalah halaman khusus yang menyajikan informasi tentang perusahaan atau merek. Halaman ini dapat digunakan untuk menjual, berbagi konten menarik dan sebagai media branding.

Tidak seperti akun Facebook pribadi, yang sering anda gunakan untuk berbagi kehidupan sehari-hari atau opini acak, konten di halaman penggemar cenderung lebih terorganisir.

Orang-orang menggunakan halaman penggemar untuk mengelola konten mereka dengan cara tertentu. Dimulai dengan edukasi pelanggan, konten menarik dan informatif untuk engagement, promosi, dan hard selling yang lebih baik.

Manfaat Fanpage Facebook

Banyak pengguna Facebook yang memanfaatkan Fanpage untuk menghasilkan uang dari popularitasnya. Jadi tentu anda perlu tahu apa saja manfaat dari Fanpage di Facebook. Berikut adalah manfaat dari Fanpage Facebook :

Jumlah Pengikut Tidak Terbatas

Tidak seperti Facebook pribadi yang terbatas pada 5.000 teman, halaman penggemar Facebook memungkinkan pengusaha untuk memiliki jumlah penggemar yang tidak terbatas. Anda bisa memiliki jutaan tanpa batas jumlah Fanpage di Facebook.

Konten Pribadi dan Komersial itu Berbeda

Anda bisa menggunakan akun sedara berbeda antara akun pribadi dan komersial di Facebook. Anda bisa menggunakan akun pribadi untuk kebutuhan Facebook seperti biasanya dan anda juga bisa menggunakannya untuk akun komersial dalam satu akun untuk bisnis.

Profesional dan Memiliki Kepercayaan

Konten yang terpisah dan terarah, akun Facebook anda akan terlihat lebih profesional dan terpercaya. Jadi anda bisa memilih keduanya sesuai kebutuhan anda dari kebutuhan akun pribadi dan bisnis untuk menghasilkan uang melalui Fanpage di Facebook.

Kontak dan Komentar Konsumen

Fans dapat dengan bebas menghubunginya untuk menanyakan tentang produk melalui kolom komentar atau pesan. Ketika umpan balik yang mereka berikan positif, dampak psikologis ini dapat memengaruhi penggemar lainnya.

Selain itu, karena kemudahan menghubungi melalui komentar atau pesan, peluang untuk melakukan penjualan menjadi lebih mudah daripada hanya facebook pribadi.

Terindeks Mesin Pencari Seperti Google

Mesin pencari seperti Google akan mengindex konten Fanpage milik anda karena Goggle menganggap lebih terpercaya dan memberikan informasi yang berkualitas. Konten dengan berkualitas yang baik juga akan membawa lebih banyak authority.

Bisa Menjadi Trending

Fanpage bisa menjadi media untuk marketing campaign dari konten trending milik anda. Anda bisa mempromosikan dengan giveaway atau memberikan iming-iming kepada penonton untuk mendapatkan hadiah untuk menarik perhatian menonton video anda di Fanpage Facebook.

Cara Membuat Fanpage Facebook untuk Menghasilkan Uang

Melihat manfaat di atas, langkah selanjutnya adalah proses cara membuat Fanpage Facebook. Untuk membuat halaman Fanpage Facebook, pastikan Anda memiliki akun pribadi. Berikut adalah cara membuat Fanpage Facebook :

  • Masuk ke akun Facebook Anda, lalu buka halaman Buat Halaman.
  • Klik Buat Halaman untuk membuat halaman penggemar.
  • Apakah Anda ingin membuat halaman penggemar untuk perusahaan / merek atau untuk komunitas / tokoh masyarakat? Pilih kategori yang sesuai.
  • Masukkan nama dan kategori halaman yang sesuai, klik "Lanjutkan".
  • Setelah mengklik Lanjutkan, Facebook akan meminta kami untuk mengisi detail kontak bisnis, seperti alamat dan nomor telepon.
  • Unggah foto profil (ukuran 300 * 300 px) dan foto sampul (ukuran 828 * 315 px). Ambil foto profil yang relevan dengan halaman penggemar.
  • Selesai!

Ini adalah langkah awal dalam membuat Fanpage di Facebook dan masih ada tahapan selanjutnya untuk mengoptimalkan fitur Fanpage.

Pengaturan Lanjut untuk Fanpage

Setelah menyelesaikan langkah di atas, halaman penggemar Anda secara teknis selesai. Selain itu, ada beberapa hal yang dapat segera dilakukan, yaitu:

  • Perbarui nama pengguna halaman penggemar dengan mengklik nama pengguna di bawah nama halaman penggemar (opsi ini akan muncul jika Anda belum mengubahnya)
  • Buat posting pertama untuk halaman penggemar Anda
  • Undang teman terdekat Anda dengan fitur 'undang teman' untuk mendapatkan 10 penggemar pertama Anda
  • Cara mengatur nama pengguna untuk halaman penggemar Facebook
  • Setelah ketiga hal tersebut, Anda akan masuk ke bagian Setting atau Pengaturan:
  • Di bagian Umum, lakukan pengaturan umum untuk halaman penggemar Anda. Visibilitas halaman harus dipublikasikan dan untuk publikasi pengunjung saya akan mengaturnya agar tidak semua orang bebas mempublikasikan di halaman Facebook. Saya juga mengatur agar semua orang memberi tag halaman dengan mudah.
  • Di bagian Informasi Halaman, Anda dapat mengonfigurasi informasi sesuai halaman Anda, mulai dari deskripsi halaman, situs web, alamat, dan jam operasional.
  • Di bagian Pesan, Anda dapat membuat salam instan ketika seseorang memposting pesan ke halaman penggemar Anda.
  • Anda dapat menggunakan fitur Template dan Tab untuk membuat tab di halaman Anda sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Bagian notifikasi akan membantu Anda mengatur notifikasi yang ingin Anda ketahui.
  • Anda dapat menggunakan panel Peran Halaman untuk mengelola tim yang terlibat dalam mengelola halaman penggemar dan apa peran mereka.
  • Fitur Instagram akan membantu Anda terhubung dengan akun bisnis Instagram Anda
  • Semakin banyaknya para content creator yang berlomba-lomba memperebutkan pangsa pasar di YouTube menyebabkan outlet video terbesar di dunia ini memberikan regulasi yang ketat.

Sangat mudah bukan? Namun menyelesaikan pengaturan di atas tidak akan menghasilkan uang jika tidak mengikuti persyaratan pengajuan monetisasi Fanpage Facebook. Jadi silahkan baca syarat pengajuan berikut ini.

Syarat Pengajuan Monetisasi untuk Menghasilkan uang di Fanpage

Pahami dan perhatikan syarat-syarat berikut ini untuk mengoptimalkan penghasilan anda dengan Fanpage. Berikut adalah syarat-syarat pengajuan monetisasi Fanpage Facebook :

1. Minimal 10.000 Suka Fanpage

Anda harus menambahkan promosi tambahan ke grup Facebook agar pengguna lain tertarik untuk mengikuti atau menyukai halaman penggemar yang Anda buat. Cara termudah adalah dengan membuat halaman Fanpage untuk komunitas atau klub yang sudah memiliki pasar yang besar.

2. Konten video yang memenuhi syarat sebagai konten

Usahakan dan jangan sampai anda mengunggah hal yang terlarang seperti SARA, Hoax, atau seksualitas.

3. Memiliki 30.000 Tampilan Video

Beri tahu siapa pun yang menonton video yang Anda unggah atau mencari tempat untuk hangout dengan Wifi, terus putar video untuk meningkatkan jumlah penayangan.

Dibandingkan dengan YouTube, persaingan di halaman penggemar Facebook lebih mudah karena tidak banyak orang yang mengetahuinya. Anda bisa memanfaatkan tren artis, film, atau musik untuk mengumpulkan suka dan jadwal video.

Setelah anda punya Fanpage dengan sesuai persyaratan pengajuan monetisasi untuk mendapatkan uang di Facebook, langkah selanjutnya yaitu lebih mendalam adalah cara menghasilkan uang melalui Fanpage Facebook.

Cara Menghasilkan Uang Melalui Fanpage Facebook

Setelah membaca persyaratan diatas, silahkan ikuti langkah-langkah berikut untuk menghasilkan uang dari fanpage facebook. Berikut caranya :

  • Pastikan Anda memenuhi persyaratan, jangan mencoba melanjutkan langkah ini jika Anda tidak memiliki persyaratan.
  • Buka Facebook Creator Studio, Anda dapat mencari Google Creator Studio Facebook. Kemudian ikuti langkah atau petunjuknya.
  • Lihat video yang paling saya suka, bagaimana Anda melihat video mana yang paling saya sukai? Sederhana saja, lihat saja ide-ide yang berbeda di Dasbor Pembuat Facebook.
  • Aktifkan Monetize, langkah terakhir dan terpenting adalah mengaktifkan fitur monetisasi ini. Melalui fitur ini, video Anda bukan sekadar tayangan yang menghibur atau mendidik. Video Anda bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Cara mengaktifkannya, cukup aktifkan fitur Ad Breaks di editor video.

Aktifkan fitur ini di setiap video yang Anda upload, tidak semua video menampilkan iklan. Itu berarti tidak semua video menghasilkan uang.

Tips Cepat Menghasilkan Uang dari Fanpage

Jika anda sudah berusaha mengupload konten namun belum optimal, ada tips cepat menghasilkan uang di Fanpage. Berikut adalah cara cepat menghasilkan uang di Fanpage :

  • Upload konten buatan sendiri dan hindari konten negatif.
  • Buat konten yang sedang trending, karena biasanya orang akan lebih tertarik untuk melihatnya.
  • Bagikan video yang telah Anda unggah ke berbagai grup Facebook yang memiliki ratusan ribu anggota. Ini akan memiliki kesempatan untuk membuat video Anda menjadi viral untuk dilihat banyak orang.
  • Hindari konten berhak cipta seperti musik atau film.
  • Selalu patuhi aturan permainan Facebook Ad Breaks jika tidak ingin diblokir.

Mungkin anda sudah berusaha sekeras mungkin membuat konten namun masih saja susah mengikuti persyaratan di atas, ada faktor sponsor yang bisa mempengaruhi penghasilan anda.

Faktor Sponsor yang Mempengaruhi Penghasilan Fanpage

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi jumlah penghasilan uang yang bisa Anda peroleh melalui Facebook, selain persyaratan monetisasi Facebook. Salah satu faktor tersebut untuk menghasilkan uang dari Fanpage adalah sponsorship. 

Video yang muncul di Facebook umumnya dapat bermanfaat jika memiliki sponsor. Jadi anda perlu mengiklankan video anda yang anda upload ke Fanpage. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi pendapatan video yang Anda unggah dan tonton dengan mengiklan :

  • Jumlah iklan yang muncul dan jumlah iklan yang dilihat pemirsa video Anda dalam satu pemutaran video.
  • Jumlah iklan yang diterima.
  • Waktu yang dihabiskan pengguna untuk menonton setiap video yang mereka tonton.

Ada bagi hasil dari kreator dan pendapatan iklan Facebook. Pembagian hasilnya adalah pencipta akan memperoleh partisipasi sebesar 55% dari total keuntungan yang diperoleh dan 45% untuk Facebook itu sendiri. Tetapi jika pengguna melihat iklan video sekaligus, 55% akan dibagikan lagi di antara pembuat video.

Kesimpulan untuk Menghasilkan Uang Melalui Fanpage

Cara menghasilkan uang melalui Fanpage di Facebook, tidaklah mudah. Membutuhkan komitmen dan usaha keras agar uang bisa anda dapatkan. Mulai dari membuat akun Facebook, Membuat Fanpage dan sesuai persyaratan hingga tips cepat seperti penjelasan di atas cukup membutuhkan usaha keras. Namun jika anda melakukannya dengan hobi, maka uang akan cepat anda dapatkan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel